Minggu, 05 Juni 2016

Filled Under: ,

Tips Tugas Akhir versi Sgt

campuran motivasi
"Sesungguhnya setiap yang akan menyandang gelar sarjana maka wajib hukumnya mengerjakan tugas akhir(skripsi)". Itu tadi bukan dalil, melainkan ungkapan saya sendiri.

Bagaimana kabar tugas akhir sampean ? itu adalah tips utama yang wajib sampean tanyakan pada diri sampean sendiri. Utama bukan berarti pertama kawan. sabar dulu buat tipsnya, akan saya kasih sedikit intro yang bisa jadi menambah keyakinan untuk melanjutkan membaca tips-tips unik dari saya. Kalau tidak sabar ya langsung saja, scroll ke bawah atau close tabnya. Tapi yakin ndak mau baca nih ?? hehe

Tugas Akhir (TA) merupakan salah satu syarat yang wajib dipenuhi jika telah menyelesaikan (lulus) semua mata kuliah. Biasanya syarat lain berupa TOEFL dengan nilai yang dijadiakan standar atau sertifikasi keahlian, tergantung perguruan tinggi yang menentukan. Dikarenakan hal ini wajib, tentunya akan menjadi kebutuhan tersendiri bagi para mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir.

Sedikit berat jika kita membicarakan mengenai hal ini, tapi tentunya setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menikmati tugas akhir ataupun skripsi. Berat atau tidak, sebenarnya tergantung bagaimana cara kita untuk menikmatinya, toh pada penentuan judul tugas akhir tidak ada paksaan dari dosen ataupun pihak lain ketika kita memilih topiknya. Paling yang ada ya topik yang disediakan sebagai pilihan judul tugas akhir terbatas, jadi kita tidak bisa memilih topik yang kita harapkan. Pada akhirnya, mau tidak mau, suka tidak suka, benci tidak benci, cinta tidak cinta kita harus tetap menyayanginya. Dan perhatian adalah bukti kecintaan kita terhadap TA.

Saya sangat yakin, setiap orang punya cara tersendiri dalam menikmati tugas akhir. Sehingga muncul berbagai versi pada tiap tulisan-tulisan di media, Barangkali tulisan versi saya ini bisa menginspirasi anda, monggo, selamat menikmati tips keren di bawah ini.


Tips Pertama,
Buatlah Ucapan terimakasih terlebih dahulu. Pada ucapan terimakasih tentunya akan ditulis nama-nama orang penting yang berpengaruh untuk diri kita, misal orang tua, dosen atau bahkan kekasih jika sudah ada. jika belum ada ya jangan dipaksakan. hehe


Tips Kedua,
Berkumpulah dengan teman-teman yang semangat mengerjakan TA, hal ini bertujuan sebagai pemicu agar semangat kita tetap terjaga. Setidaknya akan ada yang mengingatkan kita dengan pertanyaan "Sudah sampe mana TA mu rek". Jawab saja "Sudah selesai", jika memang sudah selesai. Intinya jujur !
Tips Ketiga,
Sebelum mengerjakan tugas akhir, tentunya kita sudah tau hal apa saja yang akan dilakukan terhadap TA kita. Buatlah timeline detail yang tidak wajar seperti kebanyakan orang, kalau bisa ya punya gaya sendiri yang sekiranya bisa sangat memotivasi untuk ditaati.


Tips keempat,
Pinjamlah toga kakak kelas yang sudah lulus kuliah, kemudian buatlah foto, bisa juga dengan selfie. Edit dengan foto keluargamu, bayangkan betapa bahagianya kedua orang tuamu saat kamu bisa mengenakan toga itu. ingat, Menunda lulus = Menunda membahagiakan orang tua. Itu !


Tips kelima.
Jika punya kekasih, alangkah baiknya jika kamu diamkan saja sementara, kasih kabar dan beri dia pengertian. Supaya ada kesan yang sama-sama saling merindukan ketika kalian bertemu pas selesai sidang akhir nanti. Bukan berarti kamu harus putus kontak, tetapi kamu perlu menjadwal intensitas komunikasi dengan si doi, agar tidak ada percekcokan yang hanya akan menghambat pengerjaan tugas akhir kamu. Kamu pun harus perlu ingat "Menunda tugas akhir = Menunda menghalalkan kekasihmu" . hehemb


Tips Keenam, 
Jangan lupa bimbingan, jaga komunikasi dengan dosen pembimbing, prosentase kelulusan terbesarmu ada disana. Kemudian siapkan syarat-syarat kelulusan seperti TOEFL dan lain sebagainya. Jangan lupa siapkan tabungan untuk wisuda juga. 
Tips ketuju,

Jangan lupa hubungi kedua orang tua, jangan sok sibuk. Faktor X ada pada doa orang tua kita. Terpenting, jangan menyakiti hati kedua orang tua kita. Beri kabar bahagia, jangan kabar keluh kesah terhadap TAmu. okee !!
Tips kedelapan, 
Bagi yang suka game, gamers sejati. Tugas akhir akan menjadi tantangan terberat untuk dilakukan. So, puasa dulu lah buat game nya..

Itu tadi beberapa tips dari saya, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Kamu tidak harus ikut dengan tips tadi secara runtut, diacak pun boleh. Ndak mau ngikuti juga ndak ada yang menghukum. hehe


Berdoalah sebelum melakukan semua hal. Siapkan presentasi terbaikmu .. 



sugitcakgit, 
BAK, 05 Juni 2016

0 komentar:

Posting Komentar

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © CakSugit Note'S 2015
    Distributed By My Blogger Themes | Designed By Triyono Sugit