Kamis, 28 April 2016

Filled Under: ,

Inilah Kelas Inspirasi Kami

campuran motivasi
Foto Istimewa
Alhamdulillah, itulah kalimat yang paling indah yang bisa terucap di hati ini. Betapa senangnya hari Senin silam (25 April 2016), saya dapat berkumpul dengan orang-orang hebat. Relawan kelas inspirasi Jombang, Itulah sebutan bagi mereka para penginspirasi. Bersamaan dengan bulan peringatan hari Kartini, #SemangatKartini adalah pemicu semangat bagi kami.

Persiapan dilakukan semenjak satu bulan sebelum kelas inspirasi ini dilakukan, Mulai dari penjaringan relawan, pemetaan sekolah dasar hingga pemilihan tempat Briefing dan refleksi. Semua dilakukan para relawan penginisiasi tanpa adanya bantuan dana, keringat, ataupun support dari satu orang pun. Dari sanubari, mungkin itulah ungkapan yang pas bagi mereka para penginspirasi. Tahapan-tahapan yang dilaksanakan sesuai dengan timeline dan konsep yang sangat matang dan tertata. Konsepan ini bukan hanya menganut grand desaign tahun lalu, namun mengikuti desaign yang lebih terbaharui. Hampir semua ditata ulang untuk mendapatkan kualitas yang pas dan mengena pada hari inspirasi.

Tiap tahapan yang dilakukan oleh penginisiasi bukan tanpa masalah. Bahkan, satu demi satu para penginisiasi ini terseleksi oleh alam dengan sendirinya. Tak hanya itu, para peserta inspirator pun bergurguran bak daun kering "mreeteli dewe-dewe". Terkadang hal ini memang membuat pusing, terlebih saat esok adalah hari H Inspirasi. Menyerah, tak ada waktu untuk membahas kalimat itu, seperti sebuah ungkapan "Menyerah adalah langkah yang terputus karena kau tak tau di depan sana terdapat berlian". Mungkin sampean asing dengan kalimat ungkapan itu, karena itu hanya ungkapan saya. haha. Kembali lagi ke topik utama, Semangat kami tak bisa terputus saat teringat masa depan bangsa ini terdapat pada adik-adik negeri ini. Mencoba memutar pikiran ke arah kiri kanan , ke atas bawah, dan ke semua arah. Hasilnya kami eksekusi dengan totalitas tinggi.

Esok adalah hari Inspirasi, Minggu sore kami disibukan dengan perlengkapan dan banyak hal. Mulai banner, alat tulis, gambar-gambar, dan kelengkapan lainya. Kami bagi tugas, ada yang menghubungi para inspirator, ada pula yang memikirkan konsep dengan terbatasnya orang. Kemudian kami membagi porsi tidur. Ada pula yang tak bisa tidur sebab saking gentingnya suasana, karena salah seorang relawan tak kunjung konfirmasi. Sementara dia satu-satunya yang digadang-gadang akan mensukseskan acara inti.

Hari telah tiba, Senin pagi kami bersiap berangkat menuju SDN Kauman 3 Ngoro, Jombang. Disela-sela bersih diri pagi hari, Persiapan dilakukan kembali sejak sebelum subuh tiba, dengan mengecek kelengkapan apa saja yang akan dibawa. Bagian fasilitator mengecek barang bawaan, dokumentator mengecas baterai kamera masing-masing, sementara para inspirator sibuk menyiapkan materi yang akan disampaikan nanti. Waktu sudah menunjukan pukul 05.15, ini adalah jadwal dimana kami harus berangkat ke lokasi. Rombongan belajar 3 ( rombel 3 ) akan segera diberangkatkan, kami sudah siap semua. Namun ternyata ada yang kurang, satu relawan masih kurang. Dengan terpaksa kami harus menunggunya 15 belas menit lagi, jika tidak ada kabar, maka kami sepakat akan berangkat dengan orang seadanya. Waktu sudah menunjukan pukul 05.25, para relawan lainya sudah mengajak untuk berangkat saja, saya berusaha meyakinkan teman-teman bawha satu orang ini pasti hadir. Tepat pukul 05.27, Alhamdulillah satu relawan ini hadir, Dan rombel 3 KI jombang 3 di SDN kauman 3 berangkat dengan semangat optimis akan sukses mengispirasi para calon pemuda negeri.


note : Tahap ini adalah tahapan persiapan, Dan kita semua hanya sedang tahapan persiapan. Disini saya menemukan banyak sekali persiapan, mulai persiapan acara, persiapan berangkat, dan ada pula persiapan pulang. Semua tahapan di dunia ini hanyalah tahap persiapan, barangkali inilah tahapan yang disebut sebagai bagian memantaskan diri. Setiap proses persiapan ini harusnya selalu memberi motivasi dan inspirasi untuk manfaat yang lebih untuk ummat.

Semua ini hanyalah tahapan persiapan menuju prosesi kematian.
#Salam Inspirasi



Diketik 28 April 2016
by Sugit cakgit 
@PPDS

0 komentar:

Posting Komentar

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © CakSugit Note'S 2015
    Distributed By My Blogger Themes | Designed By Triyono Sugit